Kompos

Kompos

Kompos adalah pupuk yang dibuat dari sampah organik. Seperti sayuran, daun dan ranting. Serta kotoran melalui proses degradasi/penguraian oleh mikroorganisme tertenty. Kompos berguna untuk memperbaiki struktur tanah dan menyediakan zat makanan yang diperlukan tumbuhan, sementara mikroba yang ada dalam kompos dapat membant penyerapan zat makana yang dibutuhkan tanaman.
Pembuatan kompos merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi tumbuhan sampah organic. Cara ini sangat cocok diterapkan di Indonesia, karena cara pembuatannya relatih mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Selain itu, kompos dapat dijual sehingga dapat memberikan pemasukan tambahan atau bahkan menjadi alternative mata pencaharian.
Berdasarkan bentuknya kompos ada yang berbentuk padat dan cair. Pembuatan kompos dapat dilakukan dengan menggunakan kompos yang telah jadi, kultur mikroorganisme atau cacing tanah. Contoh kultur mikroorganisme yang telah banyak dijual dipasaran dan dapat digunakan untuk membuat kompos adalah EM4 (Efective Mikroorganisme 4) yang dapat meningkatkan degradasi limbah/sampah organic, menguntungkan dan bermanfaat bagi kesuuburan tanah maupun pertumbuhan dan produksi tenaman serta tamah lingkungan EM4 mengandung mikroorganisme yang terdiri dari beberapa jenis bakteri diantaranya lactobasilus sp. Rhodopseudomas sp dan Khamis (ragi), yaitu scoharomytes cerevisde. Kompos yang dibuat menggunakan EM4 dikenal juga dangan sebutan Bokashi.

3 thoughts on “Kompos”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s