Tentang Hardware Komputer

Beep :
bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses postatau pada saat ada kesalahan/gangguang tertentu. Suarayang muncul melalui speaker komputer, umunyamenunjukkan adanya kesalahan dalam program yangsedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam programyang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.

BIOS :
Basic Input Output system . Software yang dipasang padachip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar,harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasiyang bisa mengidentifikasi set program yang digunakanuntuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disketsistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) darisistem dan umumnya tersimpan secara permanen.Program yang digunakan mikroprosesor untukmenyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran dataantara sistem operasi komputer dan perangkat tambahanyang terhubung pada komputer.
Casing :
Casing. Kotak tempat mesin komputer (motherboard danpendukungnya, power supply, disk drive, hardisk, CD ROMdrive). Wadah atau tempat melindungi motherboard,control board, power supply disk drive dan komponenkompenenlainnya. Sebuah case komputer sebenarnya taklebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalahtempat komponen-komponen yang membentuk sebuahsistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alatpendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrikyang terdapat pada komponen-komponen yang adamelalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besardengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai,dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapatmenambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah.Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan inimisalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini casedengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada casedengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebihluas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuanpendinginan yang lebih baik.

Sebuah case bisa berupa ATatau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisimotherboard nantinya, demikian pula power supply yangdatang bersama case tersebut. Case komputer biasanyadatang bersama-sama dengan power supply, walaupunkadang-kadang disarankan agar anda membeli powersupply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barangtersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.CD ROM Drive :Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam ataumemainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalahCD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)dan WORM (Write Once Read Many).
CD ROM Drive:Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam ataumemainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CDROM(CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) danWORM (Write Once Read Many).
CMOS :
Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAMkecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOSsaat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakanperluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan ICdengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOSdigunakan untuk menyimpan program konfigurasi,program diagnostik dan informasi tanggal dan waktupembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputerdimatikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s